Minggu, 17 April 2011

Tidur Menurut Sunah

Mari belajar tentang as-sunah.Andaikata kita mengkaji apa-apa yang dilalkukan Rasulullah,sebenarnya itu adalah petunjuk tentang kesempurnaan hidup.Beliau telah memberikan teladan bagaimana kita meraih ridho ilahi dalam setiap langkah yang kita lakukan termasuk ketika tidur.
Ini adalah cara rasulallah saw melaksanakan tidurnya.

Biasa tidur pada awal malam dan bangun pada pertengahan malam.Pada sebagian riwayat dijelaskan,Rasulallah tidur berbaring di atas rusuk kanan.Atau tidur terlentang dengan meletakkan salah satu kakinya di atas yang lain. Sesekali Beliau meletakan telapak tangannya di bawah pipi kanan.Kemudian berdoa.

"Dari al Barra bin Azib bahwa Rasululah bersabda,
Jika engkau hendak menuju pembaringanmu,maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di rusukmu sebelah kanan lalu ucapkanlah doa:
” Ya Allah sesungguhnya aku menyerahkan jiwaku hanya kepadaMu, kuhadapkan wajahku kepadaMu, kuserahkan segala urusanku hanya kepadamu,kusandarkan punggungku kepadaMu semata,dengan harap dan cemas kepadaMu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada nabi yang Engkau utus”
dan hendaklah engkau jadikan doa tadi sebagai penutup dari pembicaranmu malam itu.Maka jika engkau meninggal pada malam itu niscaya engkau meninggal di atas fitrah”

sumber : http://almanhaj.or.id/content/2915/slash/0

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar